Sabtu, 02 Juni 2012

PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN BAHAYA DAN RESIKO DI RUANG GENSET


Bahaya yang terjadi pada ruang genset antara lain adalah kebakaran, kebisingan yang beresiko pada tulinya para pekerja, bahaya ledakan dari genset, kecelakaan yang berhubungan dengan instalasi listrik, bahaya debu dan asap,  getaran serta suhu yang dapat mengganggu kesehatan pekerja.
Banayak cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi bahaya yang ditimbulkan dari ruang genset. Misalnya, untuk mengurangi bahaya kebisingan yang ditimbulkan dari genset maka dinding dari ruangan genset perlu dilapisi dengan isolator khusus sehingga dapat meredam suara bising yang ditimbulkan dari genset. Dengan meredam suara bising yang ditimbulkan genset tersebut maka bahaya dan resiko dari rusaknya pekerja dapat dicegah dan dikurangi.
Pada umumnya penanggulangan bahaya kebisingan adalah :
•    Terhadap sumbernya
-    Desain akustik, dengan mengurangi vibrasi
-    Substitusi alat
•    Terhadap penerimanya
-    Pemasangan alat pelindung telinga
Selain bahaya kebisingan, diruangan genset juga berpotensi menyebabkan kebakaran dan ledakan. Potensi kecelaaan tersebut dapat dicegah dan ditanggulagi dengan suatu upaya penanggulangan yang baik. Upaya tersebut misalnya pada bahaya kebakaran yaitu dilakukan dengan pemasangan alat penaggulangan kebakaran seperti Fire Extinguisher, Hydrant, serta Hydrant Box. Fire Extinguisher merupakan tabung berisi gas CO2 yang sangat mudah pemakainnya. Tabung ini harus diletakkan pada area yang mudah terlihat sehingga mudah dalam penanggapannya. Sedangkan untuk Hydrant, maka alat tersebut harus diletakkan pada luar ruangan dengan jarak maksimal 20 m dari bangunan. Sementara untuk pemasangan hydrant box yaitu dipasang pada titik tertentu pada bangunan yang mudah terjangkau. Selain itu juga dipasang alat peringatan bahaya seperti alarm. Pencegahan dari bahaya kebakaran antara lain yaitu konstruksi bangunan yang tahan api,  penyimpanan bahan yang mudah terbakar yang baik, pengawasan terhadap kemungkinan timbulnya bahaya kebakaran, jalan untuk menyelamatkan diri, serta tersedia perlengkapan dan penanggulangan kebakaran.

Untu bahaya berupa kecelakaan akibat hubungan dengan instalasi listrik pencegahan dapat dilakukan dengan pemasangan alat listrik yang benar.  Selain kabel- kabel dari genset juga harus merupakan kabel yang berstandar dan di bungkus dengan suatu pelindung untuk melindungi dari terbukanya kabel yang dapat menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek.

Selain bahaya tersebut diatas mesin genset juga menghasailkn asap yang berbahaya serta debu. Untuk itu pada pada ruang genset harus dilengkapi dengan cerobong pembuangan asap serta alat penghisap debu. Cerobong penghisap asap tersebut harus menjulang tinggi sehingga tidak membahayakan masyrakat sekitar.
Getaran pada ruang genset juga membahayakan pekerja. Penanganan yang harus dilakukan yaitu misalnya dengan memasang alat peredam dari getaran.
Untuk pengawasan jarak jauh maka diperlukan kamera CCTV dan acces control, sehingga pengawasan dapat dilakukan setiap waktu untuk meminimalisasi bahaya di ruangan tersebut.

PERAWATAN DAN ALAT DIRUANG GENSET

Ruang genset harus selalu bersih dan rapi dari semua pengotor yang dapat timbul diruang genset seperti debu maupun pelumas dari genset itu sendiri. Untuk debu maka dalam ruangan genset harus terpasang alat penghisap debu. Selain itu juga perlu dilakukan pembersihan secara berulang untuk menjaga kebersihan dari ruang genset itu sendiri.
    Untuk perawat dari alat yang ada diruang genset sendiri  misalnya adalah perawatan genset. Agar genset dapat bertahan lama perlu diperhatikan hal-hal berikut:
-    Pastikan selalu mengganti oli mesin yang sesuai dengan petunjuk yang ada buku pedoman
-    Untuk pemakaian yang agak jarang, pemanasan mesin genset bisa dilakukan setiap  satu minggu sekali. Agar sirkulasi oli dalam ruang mesin tetap terjaga.
-    Gunakan genset sesuai dengan kapasitas standard yang diajukan
Dengan perawatan yang teratur maka genset akan awet dan dapat bekerja secara maksimal.





0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost