Senin, 04 Juni 2012

MINYAK ATSIRI


    Minyak atsiri atau minyak terbang (volatile oil) ataupun juga sering disebut sebagai minyak esteris (minyak esensial) merupakan salah satu sisa metabolisme yang disintesa dalam sel kelenjar (glandular cell) jaringan tanaman. Minyak atsiri dapat dihasilkan dari tanaman yaitu dari bagian seperti daun, buah atau kulit buah, akar atau rhizome, batang atau kulit batang, dan bunga.  
    Menurut (Guenther, 1987), minyak atsiri memiliki sifat fisik seperti berbau wangi sesuai aroma tanaman penghasilnya, mempunyai rasa getir (pungent taste), mudah menguap pada suhu kamar tanpa mengalami dekomposisi, larut dalam pelarut organik seperti (alkohol, eter, petroleum, serat benzena), dan tidak larut dalam air.
    Sedangkan sifat kimia minyak atsiri yaitu tergantung pada berbgai hal seperti tanaman penghasil, kondisi iklim, tempat tumbuh, metode ekstraksi, umur panen, dan cara penyimpanan minyak. Secara umu komponen kimia minyak atsiri terdiri dari :
•    Golongan hidrokarbon (monoterpen, sesquiterpen, diterpen, politerpen, parafin, olefin, serta hidrokarbon aromatik)
•    Oxygenated hydrokarbon, yang terdiri dari persenyawaan alkohol (geraniol, nerol, eugenol, vanillin), aldehida (sitral, sitroneal, sinnamaldehida), keton, ester, dan ether.
Minyak atsiri di Indonesia sangat potensial dikembangkan. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki lebih dari 160 jenis tanaman yang dapat menghasilkan minyak atsiri. Sedangkan dalam dunia perdagangan  terdapat 80 jenis minyak atsiri dan Indonesia memiliki 40 jenis, tetap baru 12 yang masuk perdagangkan Internasional. Contoh minyak atsiri yang dihasilkan di Indonesia adalah nilam, sereh wangi, kenanga, pala, jahe, lada, akar wangi, serata cengkeh.
Komoditas minyak atsiri sangat dibutuhkan dalam berbagai industri seperti industri parfum, kosmetika, obat-obatan, serta industri makanan dan minuman. Contoh jenis minyak atsiri dan tanaman penghasilnya yang sudah berkembang di Indonesia :
Nama minyak    Nama dagang    Nama tanaman     Kegunaan/fungsi
Nilam    Patchouli Oil    Pogestemon cablin    Parfum, sabun
Serai wangi    Citronella Oil    Andropgon nardus    Parfum, sabun
Akar wangi    Vetiver Oil    Vetiveria zizanoides    Parfum, sabun
Kenanga    Cananga Oil    Canangium odoratum    Parfum, sabun
Cendana    Sandalwood Oil    Santalum album    Parfum, sabun
Kayu putih    Cajuput Oil    Melaleuca leucadendron    Farmasi
Daun cengkeh    Clove leaf Oil    Syzigium aroamticum    Rokok, parfum, farmasi, makanan
Gagang cengkeh    Clove Stem Oil    Syzigium aroamticum    Idem
Bunga cengkeh    Clove bud Oil    Syzigium aroamticum    Idem
Pala    Nutmeg Oil    Myristica fragrans    Makanan, rokok
Lada    Black papper oil    Piper nigrum    Makanan, minuman
Jahe    Ginger Oil    Zingiber officinale    Makanan, minuman
    
    Prouksi minyak atsiri dapat dilakukan dengan penyulingan. Tujuan dari penyulingan yaitu untuk menghasilkan minyak atsiri dari tanaman aromatik yang mempunyai kandungan minyak atsiri tetapi sulit untuk diekstrak pada kondisi lingkungan normal. Minyak atsiri susah untuk didapatkan karena minyak ini terdapat dalam kantung minyak yang terdapat dalam jaringan tumbuhan. Hasil penyulingan minyak atsiri sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor tersebut yaitu antara lain :
•    Jenis dan penanganan bahan baku yang akan disuling
•    Jenis, distribusi, dan uap yang akan digunakan
•    Bahan penyusun katel penyulingan
•    Dimensi alat penyulingan dan metode penyulingan yang digunakan
Penyulingan merupakan suatu proses pemisahan secara fisik suatu campuran dua atau lebih produk yang mempunyai titik didih berbeda dengan cara mendidihkan terlebih dahulu komponen yang mem[unyai titik didih rendah agar terpisah dari campuran. Metode dalam penyulingan ada tiga, yaitu :
•    Penyulingan dengan air (water distilation)
•    Penyulingan dengan uap dan air (steam and water distilation)
•    Penyulingan dengan uap langsung (steam distilation)

   

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost